Sejarah Perpustakaan

SEJARAH PERPUSTAKAAN POLITEKNIK MBP MEDAN

Perpustakaan adalah unsur penunjang Tri Dharma  Perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian serta Pengabdian pada Masyarakat. Perpustakaan merupakan pusat informasi, tidak hanya merupakan tempat penyimpanan bahan pustaka, tetapi juga merupakan tempat penyimpanan, pelestarian, pengelolahan, pemanfaatan dan penyebaran informasi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terdokumentasi dalam buku teks, jurnal, laporan maupun media massa. Untuk itulah maka peranan perpustakaan menjadi sangat vital tempat dokumen semua informasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Politeknik MBP Medan (Politeknik Mandiri Bina Prestasi) didirikan sebagai karya nyata kepedulian Yayasan Mandiri Bina Prestasi untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa. Politeknik MBP Medan berdiri pada tahun 2002 dengan SK. Mekdiknas RI No. 148/D/0/2002 dan rekomendasi P5D Bandung (sekarang P4D) No. 72/P5D/U-DIR/V/2002. Saat ini Politeknik MBP Medan telah memperoleh Akreditasi dari BAN Dikti dan pemenang Hibah kompetisi dari Dijen Dikti. Politeknik MBP Medan adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasional, bertujuan untuk mendidik tenaga ahli untuk tingkat pelaksana atau pengelola yang benar-benar mempunyai keterlampilan dalam bidangnya.


Untuk mendukung tujuan tersebut maka pada tahun 2005 dibangunlah perpustakaan Politeknik MBP yang terletak didalam kampus berada di lantai 4 (empat) karena perpustakaan sangat berperan untuk menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perpustakaan  merupakan pusat informasi, tidak hanya merupakan tempat penyimpanan bahan pustaka, tetapi juga merupakan tempat penyimpanan, pelestarian, pengelolaan, pemanfatan dan penyebaran informasi kepada pengguna perpustakaan.